Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi UMKM Ikan Asap

JEPARA – Sistem pembukuan sederhana memang masih asing bagi para pengusaha kecil menengah. Padahal, hal ini sangat penting untuk bisa mengetahui alur uang yang digunakan dalam usaha yang dijalankan. Begitu juga dengan beberapa pengusaha kecil menengah di desa Kriyan. Untuk itulah, Hety Suharyati, salah satu anggota Tim KKN Desa Kriyan mengadakan pelatihan pembukuan sederhana bagi UMKM Ikan Asap yang ada di Kriyan pada Sabtu (12/08). Pelatihan ini diharapkan bisa memberikan sedikit dorongan bagi pelaku usaha untuk melakukan pencatatan keuangan bagi usaha mereka meskipun dalam taraf yang sederhana.

Bentuk pelatihannya sederhana, disajikan dua kolom transaksi, penerimaan dan pengeluaran. Kolom penerimaan intinya mencatat semua bentuk penerimaan yang masuk, baik berupa setoran modal individu, pinjaman usaha (apabila ada), hingga penerimaan dari penjualan. Kolom pengeluaran berisi berbagai pengeluaran yang dibutuhkan untuk kegiatan usaha, seperti pembelian aset, pembelian barang dagangan, dan berbagai jenis biaya operasional. Pelatihan ini sesungguhnya mengacu pada bentuk pencatatan yang disediakan oleh aplikasi SI APIK, aplikasi pencatatan transaksi bagi usaha mikro dan kecil yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia.

“Kalo saya ya selama ini pokoknya gimana caranya modal saya katakanlah delapan ratus ribu untuk beli ikan, bisa balik lebih. Jadinya ngga sempet mba buat nyatet-nyatet kaya gitu, orang jualan ikan kerjanya hampir ngga berhenti kerjaannya, kalo istirahat ya buat tidur,” ujar Maafifah, pengusaha ikan asap Kriyan.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan